Cara Mudah Menyiapkan Opor Ayam Simple (bisa frozen) Yang Lezat

Cara Memasak Opor Ayam Simple (bisa frozen). Opor ayam (chicken cooked in coconut milk) is one of the easiest Indonesian recipes you can try at Opor Ayam - Chicken in Coconut Milk. If you are planning to serve It is simple to cook with those readily available ingredients. Resep Opor ayam simple. foto: Instagram/@dapurkreasi.id.

Opor Ayam Simple (bisa frozen) Resep opor ayam - Rempah-rempah merupakan bahan masakan khas Indonesia, dan hanya bisa di temukan di Indonesia, sejak dahulu, rempah-rempah Opor ayam merupakan makanan dengan cita rasa khas nusantara yang hanya dapat di temukan di daerah Jawa saja. Belajar jadi istri yg baik & mulai otak atik dapur bikin makanan kesukaan suami. hhmmmmm dan hasil masaka.selengkapnya Desty Ikuti. Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus yang dimasak dengan menggunakan bumbu kental Merdeka.com - opor ayam adalah jenis masakan yang sudah sangat terkenal di bumi nusantara ini. Bunda bisa membuat Opor Ayam Simple (bisa frozen) menggunakan 18 bahan dan 6 langkah. Berikut ini langkah-langkah untuk memasaknya.

Bahan-bahan untuk Opor Ayam Simple (bisa frozen)

  1. Ambil 5 potong ayam (1/4 ayam).
  2. Ambil 6 siung bawang putih.
  3. Ambil 8 siung bawang merah.
  4. Siapkan 1 bh sereh geprek.
  5. Siapkan 1/2 jempol lengkuas geprek.
  6. Tambahkan 1/2 jempol jahe geprek (kalo suka bs di blender bareng bawang2).
  7. Ambil 2 lbr daun salam.
  8. Ambil 2 lbr daun jeruk (opsional).
  9. Tambahkan 1 butir kapulaga.
  10. Siapkan 1 bh bunga Lawang.
  11. Ambil 3 bh cengkeh.
  12. Siapkan 1/2 jempol kayu manis yang kurus.
  13. Siapkan Sedikit pala halus (bisa diparut/blender).
  14. Ambil Secukupnya kunyit bubuk (agar warna tidak terlalu pucat, bs skip).
  15. Siapkan 1/4 kg santan.
  16. Siapkan 1 bh kentang (bisa diskip atau diganti tahu, tempe atau telur).
  17. Siapkan secukupnya Air.
  18. Tambahkan secukupnya Garam, gula merica.

Asal usul masakan opor ayam ini diklaim berasal. Indonesian Chicken in Coconut Gravy (Opor Ayam). Resep Opor Ayam - Opor ayam adalah salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi hidangan khas lebaran. Penyajiannya pun biasanya lengkap dengan lontong, ketupat dan kerupuk udang yang disajikan di atas meja makan keluarga.

Cara Memasak Opor Ayam Simple (bisa frozen)

  1. Tumis sampai harum bawang putih dan merah yang sudah dihaluskan. Tambahkan kunyit bubuk, lengkuas, jahe, sereh, kapulaga, cengkeh, kayu manis dan pala..
  2. Masukkan ayam yang sudah dicuci bersih, aduk2 dengan bumbu yg sedang ditumis. Tambahkan sedikit sj air. Masak hingga terbalur rata dan air menyusut..
  3. Stop proses disini untuk frozen, tinggal tunggu dingin, masukkan ke wadah, simpan di freezer..
  4. Jika ingin memasak langsung / kalau yang sudah di frozen harus dikeluarkan dulu sampai ayam tidak beku..
  5. Tambahkan santan dan air kedalam ayam yg sudah di tumis dengan bumbu td. Masak hingga santan mengeluarkan minyak dan mengental..
  6. Tambahkan garam, gula dan lada. Koreksi rasa. Sajikan selagi hangat🥰.

Opor ayam is an Indonesian dish consisting of chicken cooked in coconut milk from Central Java. Spice mixture (bumbu) include galangal, lemongrass, cinnamon, tamarind juice, palm sugar, coriander. Menikmati opor ayam dengan ketupat merupakan agenda "wajib" saat merayakan hari raya Idul Fitri di Indonesia. Untuk membuat sajian opor ayam memiliki cita rasa yang segar dan lebih ringan, bisa ditambah dengan tiga hingga empat buah belimbing sayur atau air perasan buah kedondong parut. Sebut saja Resep Opor Ayam Kuning, Opor Ayam Putih atau Opor Ayam Kering.

Komentar