Bagaimana Memasak Opor Ayam Pedas Yang Nikmat

Resep Opor Ayam Pedas. Masakan Opor Ayam menggunakan ayam kampung, bukan ayam negeri (broiler). Sekarang mari kita mulai siap-siap untuk memasak Opor Ayam Pedas yang nikmat dan bikin nagih jika kita makan. Resep Opor Ayam - Opor ayam adalah salah satu masakan khas Indonesia yang menjadi hidangan khas lebaran.

Opor Ayam Pedas Opor biasanya cenderung gurih bahkan ada yang suka manis. Menikmati ketupat rasanya tak lengkap jika tak ada opor ayam pedas. Opor kali ini sedikit berbeda dengan opor yang biasa kita nikmati. Anda dapat membuat Opor Ayam Pedas menggunakan 18 bahan dan 5 langkah. Berikut ini cara untuk memasaknya.

Bahan-bahan untuk Opor Ayam Pedas

  1. Siapkan 4 potong ayam.
  2. Ambil 2 lembar daun salam.
  3. Siapkan 2 lembar daun jeruk.
  4. Siapkan 1 btg serai.
  5. Tambahkan 1/2 sdm merica.
  6. Siapkan 1 sdt gula pasir (gulaku).
  7. Siapkan 1 sdt garam refina.
  8. Siapkan 1 sdm mentega.
  9. Siapkan 1 bks kara santan segitiga.
  10. Tambahkan 1 bh lengkuas geprek.
  11. Tambahkan Bumbu Dihaluskan.
  12. Siapkan 8 siung merah.
  13. Siapkan 3 siung bawang putih.
  14. Siapkan 2 bh kemiri.
  15. Tambahkan 1 sdm ketumbar bubuk.
  16. Siapkan 1 cm jahe.
  17. Siapkan 1-2 cm kunyit.
  18. Tambahkan 8 bj cabe rawit merah.

Opor ayam merupakan suatu masakan dengan bahan utama olahan ayam yang memiliki kuah santan dengan pemberian rempah-rempah sehingga kuah santan memiliki warna kekuningan. Ada opor kuning, opor pedas, dan opor buncis ati ayam. Resep selanjutnya adalah opor ayam pedas. Resep Opor Ayam - Indonesia adalah negara yang terkenal dengan kulinernya yang kaya rempah.

Langkah-langkah Memasak Opor Ayam Pedas

  1. Panaskan mentega tumis bumbu halus, serai, daun salam, lengkuas dan daun jeruk. Tumis hingga wangi dan bumbu matang..
  2. Masukkan ayam dan air, aduk rata dan masak hingga ayam matang dan empuk..
  3. Bumbui dengan garam, merica dan gula sesuai selera masing-masing..
  4. Tambahkan santan kental, aduk rata dan masak hingga mendidih..
  5. Sajikan dengan taburan bawang goreng agar lebih nikmat..

Salah satu menu kuliner yang terkenal di kalangan masyarakat adalah opor ayam. Opor Ayam Pedas Manis yang satu ini begitu khas. Selain memang asli Solo, resep yang satu ini punya tampilan unik yang akan membuatmu ingin mencobanya saat hari raya nanti. Agar lebih komplit opor ayam juga bisa disajikan dengan tambahan kerupuk udang, kripik bawang, kripik usus, kripik bawang, kripik bawang pedas, opak, kripik tempe dan masih banyak lain sesuai. Tapi opor ayam yang biasa disajikan adalah opor ayam yang tidak pedas.

Komentar