Bagaimana Menyiapkan Soto Ayam Lamongan Yang Nikmat

Resep Soto Ayam Lamongan. Soto ayam Lamongan merupakan salah satu soto khas Jawa Timur yang populer. Hidangan berkuah ini biasanya ditemui di pinggir-pinggir jalan karena dijual menggunakan gerobak. Meskipun demikian, rasa soto ayam Lamongan tidak kalah dengan hidangan-hidangan mewah.

Soto Ayam Lamongan Soto Lamongan originates from the province of East Java. More often than not, you will find soto Lamongan not in high-end restaurants, but on the streets. Soto ayam lamongan mempunyai ciri khas kuah kuning dengan campuran koya. Anda bisa membuat Soto Ayam Lamongan dengan 15 bahan dan 6 langkah. Berikut ini langkah-langkah untuk membuatnya.

Bahan-bahan untuk Soto Ayam Lamongan

  1. Siapkan 1/2 kg ayam fillet / dada mentok.
  2. Tambahkan Bumbu Halus.
  3. Tambahkan 10 siung bawang merah.
  4. Ambil 8 siung bawang putih.
  5. Tambahkan 1/4 pala.
  6. Ambil 1 sdm ketumbar bubuk (atau mau pake butiran jg bisa tp di sangrai dulu ya).
  7. Siapkan 5 butir kemiri sangrai.
  8. Tambahkan 1/2 sdm kunyit bubuk (aku ngga suka yg utuh karna ada taste pahit nya menurutku).
  9. Tambahkan 1 ruas jahe.
  10. Ambil Bumbu Cemplung.
  11. Siapkan secukupnya Lengkuas.
  12. Ambil 2-3 batang sereh.
  13. Ambil 5 daun jeruk.
  14. Tambahkan seledri.
  15. Ambil daun pre.

Koya ini sendiri terbuat dari kerupuk udang dan bawang putih yang telah digoreng dan dihaluskan. Selain itu, soto ayam lamongan ini mempunyai rasa yang sangat segar dan bercita rasa gurih dan enak. Penggunaan ayam kampung akan membuat soto ayam ini semakin gurih. Resep Soto Ayam Lamongan Asli Enaknya - Soto Ayam Lamongan memang merupakan salah satu jenis makanan khas nusantara asal daerah Lamongan yang cukup terkenal hingga ke seluruh Indonesia.

Langkah-langkah Memasak Soto Ayam Lamongan

  1. Cuci bersih ayam lumuri jeruk nipis biar amisnya hilang..
  2. Haluskan bumbu halus lalu di gongsong sampai kecoklatan masukkan bumbu cemplung tunggu sampai harum kasih air sedikit biar ngga gosong.
  3. Kalau sudah harum masukkan ayam tambah air masukkan seledri yg diikat dan potongan daun pre tambahkan gula, garam, merica bubuk dan penyedap rasa..
  4. Tunggu hingga mendidih cek kalau ayam sudah empuk bisa langsung di goreng..
  5. Jika sudah siap tinggal di tambahkan bumbu pelengkap. jeruk nipis, daun pre, seledri, bawang goreng dan telur rebus 😍.
  6. Resep sambal cabe merah besar dan kecil di rebus di ulek pakai 1 butir kemiri sangrai..

Menikmati sajian resep ayam yang satu ini selagi hangat memang lebih lezat dan menggugah selera, apalagi saat udara dingin. ID - Kalian masih bingung mau makan menu apa hari ini, yuk kita simak resep Soto Ayam Lamongan, simak juga bahan untuk Soto Ayam Lamongan dan bagaimana cara buat Soto Ayam Lamongan. Hadirkan Resep Soto Ayam Lamongan untuk menu spesial makan siang hari ini. Kuah gurih Resep Soto Ayam Lamongan ini bikin keluarga betah makan di rumah. Setelah ayam matang, angkat dari kaldu dan sisihkan.

Komentar