Bagaimana Membuat Soto Betawi Kuah Santan Susu Yang Menggugah Selera

Cara Memasak Soto Betawi Kuah Santan Susu. Saat santan mulai mendidih, tambahkan susu. Taburi garam & gula kemudian aduk rata. Siapkan potongan daging, irisan tomat & daun bawang di mangkok.

Soto Betawi Kuah Santan Susu Resep soto ayam betawi enak kuah susu menyegarkan. Resep soto betawi asli sebenarnya menggunakan susu cair segar untuk pelengkap kuah. Namun bagi yang tidak suka bisa ganti dengan kuah santan. Anda bisa membuat Soto Betawi Kuah Santan Susu menggunakan 27 bahan dan 6 langkah. Berikut ini langkah-langkah untuk membuatnya.

Bahan-bahan untuk Soto Betawi Kuah Santan Susu

  1. Ambil 250 gr daging sapi (potong-potong).
  2. Siapkan 65 ml santan (saya pakai Kara).
  3. Siapkan 120 ml susu UHT plain.
  4. Ambil Bumbu Halus.
  5. Siapkan 3 siung bawang putih.
  6. Siapkan 7 siung bawang merah.
  7. Ambil 1 ruas jahe.
  8. Ambil 1/2 sdt ketumbar (sangrai).
  9. Siapkan 1/2 sdt jinten (sangrai).
  10. Tambahkan 1 butir kemiri (sangrai/bakar).
  11. Siapkan Bumbu Cemplung.
  12. Ambil 1 batang sereh (memarkan).
  13. Tambahkan 2 lembar daun salam.
  14. Ambil 2 ruas lengkuas (geprek).
  15. Siapkan 4 buah cengkeh.
  16. Tambahkan 5 cm kayu manis.
  17. Tambahkan Bumbu Lainnya.
  18. Siapkan 1 sdm garam.
  19. Ambil 1/2 sdm gula pasir.
  20. Ambil 1 sdt lada bubuk.
  21. Siapkan Secukupnya penyedap.
  22. Ambil Pelengkap (optional).
  23. Tambahkan Kentang goreng.
  24. Siapkan Tomat.
  25. Tambahkan Emping.
  26. Siapkan Jeruk nipis.
  27. Tambahkan Bawang goreng dan daun bawang.

Soto Betawi adalah salah satu hidangan khas ibukota Jakarta dengan kuah santan yang gurih nan kental, beberapa tetelan daging, kerenyahan Variasi soto ini pun semakin banyak sesuai dengan selera masing-masing, mulai dari Soto Betawi Susu, Soto Betawi Ayam, Soto Betawi Daging Sapi. RESEP SOTO BETAWI KUAH SANTAN SUSU MANTAP LUAR BIASA Soto betawi daging sapi, ini adalah salah satu menu favorit keluarga terutama saat lebaran Qurban. Soto Betawi kuah susu menggunakan susu sebagai kuahnya, berbeda dari resep yangs ebelumnya yang menggunakan santan. Resep soto Betawi kuah susu juga tidak kalah enaknya dengan kuah santan, sehingga bisa dicoba untuk dibuat di rumah.

Cara Memasak Soto Betawi Kuah Santan Susu

  1. Rebus daging sekitar 2 menit. Kemudian buang airnya. Rebus kembali menggunakan metode 5-30-7. Caranya rebus selama 5 menit, kemudian matikan kompor dan tutup panci, dan diamkan 30 menit. Lalu rebus kembali selama 7 menit. Agar cepat empuk dan hemat gas..
  2. Tumis bumbu halus bersama dengan bumbu cemplung hingga harum..
  3. Masukan air rebusan daging tadi bersama dengan dagingnya. Kalo airnya kurang boleh ditambahkan ya. Kemudian beri garam, gula, penyedap dan lada bubuk. Koreksi rasa dan diamkan hingga mendidih..
  4. Jika sudah mendidih, tuangkan santan sedikit demi sedikit sambil diaduk perlahan agar santan tidak pecah..
  5. Tuangkan susu kemudian aduk-aduk kembali..
  6. Angkat dan sajikan bersama tomat, kentang yang telah digoreng dan emping ^^.

Di restauran atau rumah makan terkenal, memang kebanyakan menggunakan susu untuk bahan kuah soto ini. Untuk itu rata rata memang seporsinya disajikan dan dijual dengan harga lebih mahal dibandingkan semangkuk soto pada umumnya. Kuah soto Betawi memiliki tekstur yang kental dan rasa yang gurih karena menggunakan santan. Rempah-rempah yang digunakan untuk membuat soto ini diantaranya adalah jintan, kemiri, ketumbar, dan pala. Soto ini biasa disantap dengan pelengkap emping, acar timun dan wortel, sambai cabai.

Komentar