Cara Mudah Memasak Opor ayam kampung Yang Nikmat

Cara Memasak Opor ayam kampung. Semoga sehat selalu ya🤗 memang sih lebaran masih lama😁tapi mumpung ada stok ayam kampung dikulkas jadi aku. Membuat opor ayam kampung kesulitannya terletak pada membuat ayam kampung yang dagingnya cenderung alot menjadi empuk dan enak dinikmati. Berikut ini resep opor menggunakan ayam.

Opor ayam kampung Hanya saja untuk jenis ayam ini lebih di sukai. Cara Membuat opor Ayam, Tips Memasak Opor Ayam Kampung untuk Lebaran - Opor Ayam jadi hidangan wajib yang harus ada saat merayakan Idul Fitri. Opor ayam merupakan masakan dengan bahan dasar daging ayam dan santan, yaitu ayam rebus Merdeka.com - opor ayam adalah jenis masakan yang sudah sangat terkenal di bumi nusantara ini. Bunda dapat membuat Opor ayam kampung menggunakan 17 bahan dan 2 langkah. Berikut ini langkah-langkah untuk memasaknya.

Bahan-bahan untuk Opor ayam kampung

  1. Siapkan 1 ekor ayam kampung pot.8.
  2. Tambahkan 300 grm kentang.
  3. Ambil Garam.
  4. Ambil Gula putih.
  5. Siapkan 1 buah santan kara.
  6. Siapkan Jahe geprek.
  7. Ambil Serai geprek.
  8. Ambil Lengkuas geprek.
  9. Siapkan Daun jeruk.
  10. Ambil Daun salam.
  11. Ambil 8 buah rawit merah.
  12. Siapkan Bumbu halus.
  13. Ambil Bawang merah.
  14. Siapkan Bawang putih.
  15. Ambil Kemiri.
  16. Ambil Merica.
  17. Siapkan Kunyit.

Resep opor ayam kampung ini adalah modifikasi dari resep opor ayam klasik. Bedanya, daging ayam yang telah dimasak bersama bumbu opor dan santan dibakar sebelum kembali disajikan bersama. Bayangkan gurihnya daging ayam kampung bersama kuah opor yang kental kaya akan rempah, pasti nikmat sekali disantap bersama nasi putih panas atau ketupat. Opor ayam merupakan salah satu menu yang wajib ada ketika Lebaran.

Langkah-langkah Memasak Opor ayam kampung

  1. Kupas kentang dan potong sesuai selera goreng lalu sisihkan. Lalu tumis bumbu halus hingga harum kemudian masukkan serai, lengkuas, jahe, daun jeruk, daun salam dan cabe rawit.
  2. Masukkan ayam dan tambahkan air hingga menutupi ayam, masak hingga ayam empuk lalu tambahkan santan kara dan masukkan kentang yg sudah digoreng tadi, tambah garam dan gula putih. Aduk supaya santan tidak pecah ya.. koreksi rasa dan sajikan dengan tambahan bawang goreng di atasnya 😉.

Biasanya, hidangan yang populer di Nusantara ini juga disajikan bersama dengan ketupat dan sayur labu siam. Resep Opor Ayam Kuning - Menjelang hari raya Lebaran, resep opor ayam kuning pun kian dicari oleh sejumlah orang. Siapa yang tidak pernah makan opor ayam? Resep opor ayam - Kuliner berbahan ayam berkuah santan ini sangat terklenal di seluruh wilayah di indonesia, Terutama didaerah Jawa tengah dan juga Jawa Barat. Resep masakan opor ayam bumbu santan kuning jawa spesial.

Komentar